Penelitian ini menjelaskan bahwa persoalan kesejahteraan dan kualitas guru merupakan dimensi yang pertama dan utama dalam mewujudkan pendidikan nasional yang paripurna. Pendidikan di Indonesia saat ini sedang menghadapi masalah yang begitu kompleks, salah satunya adalah rendahnya kualitas tenaga kependidikan atau guru sebagai masalah pokoknya. Selain itu, masih kurangnya kesejahteraan bagi guru juga menjadi masalah pendidikan pada saat ini. Guru merupakan ujung tombak dari pendidikan, dan pendidikan adalah kunci dari pembangunan nasional suatu negara. Karena peran guru yang sangat krusial ini maka penting untuk memberi penghargaan kepada guru atau pendidik. Fakta yang terjadi di Indonesia adalah cerminan kesejahteraan guru masih dianggap kurang, khususnya guru yang berpredikat sebagai honorer. Oleh karena itu, kesejahteraan bagi semua guru perlu menjadi titik perhatian pemerintah dalam rangka mewujudkan pendidikan sejahtera untuk semua guru.
Copyrights © 2020