J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2020): J-PiMat

IMPLEMENTASI PEER LED GUIDED INQUIRY (PLGI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Juariah, Siti (Unknown)
Farida, Farida (Unknown)
Putra, Rizki Wahyu Yunian (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dan pengaruh penerapan model pembelajaran Peer Led Guided Inquiry (PLGI) di kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Design Randomized Control Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang telah diuji normalitas menggunakan uji Liliefors dan diuji homogenitas menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PLGI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan kubus dan balok dengan  = 4,14>  = 1,094.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...