J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2021): J-PiMat

Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Pada Mata Kuliah Aljabar Linier

Ayu Ismi Hanifah (Islamic University of Lamongan)
Nur Qomariyah Nawafilah (Fakultas Teknik,Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
24 May 2021

Abstract

Abstrak. Aljabar Linier merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa Teknik Informatika. Aljabar Linier mempunyai peran penting dalam memberikan kompetensi berupa pengetahuan dan kemampuan dasar guna memformulasikan permasalahan-permasalahan dalam bentuk matematis yang akan diselesaikan dengan menggunakan komputasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa Teknik Informatika pada mata kuliah Aljabar Linier. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan upaya mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan Aljabar Linier. Sumber data dalam penelitian ini berupa data hasil penyelesaian empat persoalan Aljabar Linier dan data wawancara. Sampel diambil dari mahasiswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan belajar ketika mengikuti mata kuliah Aljabar Linier adalah kurangnya minat belajar mahasiswa pada materi Aljabar Linier, kemampuan dasar Aljabar Linier yang rendah, dan kurangnya kemampuan dalam mengaplikasikan konsep Aljabar Linier dalam menyelesaikan soal. Berikut indikator kesalahan yang mempengaruhi kesulitan belajar mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah Aljabar Linier dalam menyelesaikan soal, diantaranya: (1) kurang teliti dalam memahami persoalan Aljabar Linier, (2) kurang teliti dalam pengoperasian bilangan aljabar maupun bilangan bulat, (3) kurang mampu dalam konsep operasi bilangan elementer, dan (4) kurangnya kemampuan logika mahasiswa dalam menyusun cara penyelesaian soal.Kata Kunci: Aljabar Linier, kesulitan belajar, matrik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...