SOSCIED
Vol 3 No 2 (2020): SOSCIED - November 2020

STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATERI SISTEM OPERASI JARINGAN ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DAN PRAKTEK DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TKJ SMKN 3 SORONG

Markus Dwiyanto Tobi (Politeknik Katolik Saint Paul Sorong)
Vina N Van Harling (Politeknik Saint Paul Sorong)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2020

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar materi sistem operasi jaringan antara pembelajaran berbasis literasi, dan praktek dengan pembelajaran berbasis literasi pada siswa kelas XI jurusan teknik komputer jaringan SMK Negeri 3 Sorong tahun 2019/2020. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 3 Sorong dengan subyek penelitian siswa kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai target penelitian adalah kenaikan hasil belajar dan kenaikan rata-rata kelas dari setiap siklus. Pola rancangan eksperimen yang digunakan adalah Simple randomized design. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah: Ada perbedaan hasil belajar Materi Sistem Operasi Jaringan Antara Pembelajaran Berbasis Literasi dan Praktek dengan Pembelajaran Berbasis Literasi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 3 Sorong Tahun 2019/2020, Hasil pembelajaran berbasis literasi dan praktek lebih baik dibandingkan pembelajaran berbasis literasi dengan nilai rata-rata kelas yaitu 77,62, Pembelajaran berbasis literasi dan praktek siswa dapat membantu siswa untuk mencapai ketuntasan belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsoscied

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal SOSCIED merupakan salah satu Jurnal Publikasi Ilmiah hasil penelitian bidang Sosial, Sains dan Pendidikan yang berasal dari hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, guru, dosen, dan pengkaji dalam disiplin ilmu Sosial, Sains dan Pendidikan. Jurnal ...