Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 3, No 1 (2021): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

LINGKUNGAN DAN INTERAKSI SOSIAL: PENGARUH KEBERADAAN KOMPONEN BELAJAR DALAM MENCERDASKAN EMOSIONAL SISWA

Nofal Ardi Nasrum Minalloh (Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empiris mengenai pengaruh lingkungan belajar dan interaksi sosial, baik secara sendiri-sendiri (parsial) maupun secara bersama-sama (simultan) terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa di Pondok Pesantren Bina Madani Kabupaten Bogor. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Jenis penelitian yang digunakan ialah analisis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap kecerdasan emosional siswa Pondok Pesantren Bina Madani Bogor dengan koefisien determinasinya sebesar 38,6%; Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara interaksi sosial terhadap kecerdasan emosional siswa Pondok Pesantren Bina Madani Bogor dengan koefisien determinasinya sebesar 36,9%; Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan interaksi sosial secara simultan terhadap kecerdasan emosional siswa Pondok Pesantren Bina Madani Bogor dengan koefisien determinasinya sebesar 45,1%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam. ...