Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
Vol. 3 No. 1 (2021)

Komunikasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Belajar dalam Pembelajaran Daring

Ambar Gini Permatasari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Turmudi Turmudi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika sangat penting dan harus Dimiliki siswa, hal ini disebabkan oleh komunikasi matematika mengatur dan mengkonsolidasikan pemikiran matematika siswa baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan gaya belajar visual dalam pembelajaran matematika secara daring (online). Metode penelitian ini yaitu penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan survey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrument angket gaya belajar dengan menggunakan google forms. Selanjutnya diambil beberapa siswa untuk mengerjakan soal komunikasi matematis yang dibuat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Sebagian siswa mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan serta memahami materi yang diajarkan karena pembelajaran matematika secara daring merupakan hal baru bagi siswa serta sebagian siswa tidak senang jika pembelajaran matematika dilakukan secara daring yang disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhinya  seperti kendala teknis, tekanan karena banyak tugas dan lain sebagainya. Serta ditemukan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan gaya belajar visual mempunyai cara yang berbeda dalam mengkomunikasikan ide dan gagasannya. Yaitu mampu menyatakan situasi secara tertulis, mampu mengubah situasi ke dalam model matematika, mampu mengungkapkan kesimpulan matematika yang diperolehnya dengan bahasa sendiri.Kata Kunci: komunikasi matematis, gaya belajar, pembelajaran daring (online).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JPPM (Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika) editorial board members are from previously teacher-college universities. Review process for this journal applies double blind peer review. The articles sent to the Journal are always reviewed by two reviewers. The decision of the article ...