Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS
Vol 7, No 1 (2021): JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT IPTEKS

Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing

Dimas Sasongko (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Putri Mega Yuliawati (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Ramona Nurhidayah (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Ryan Ghafala Utomo (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Anjas Setyawan (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Kurnia Suciati (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2021

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian sebuah negara dan memiliki kesempatan untuk menyerap tenaga kerja sehingga perlu untuk dikembangkan. UMKM Asih menjual gula kacang dengan rasa yang manis dan berlokasi di Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Masalah yang dihadapi oleh UMKM Asih yaitu packaging masih sederhana, pemasaran produk masih tradisional, pemasaran produk masih mencakup wilayah tertentu dan belum adanya promosi produk. Solusi dari masalah yang dihadapi oleh UMKM Asih adalah membuatkan akun media sosial, pembuatan branding, pengemasan barang, dan memposting foto produk. Metode penyelesaian masalah dalam program PKM dengan metode penyelesaian berupa pelatihan dan pendampingan tentang Digital Marketing. Kegiatan PKM menghasilkan packaging, logo, dan media sosial yang dapat digunakan UMKM Asih untuk menarik minat pembeli. Pelatihan dan pendampingan dilakukan secara intensif untuk memastikan UMKM Asih dapat menggunakan secara maksimal hasil luaran PKM. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT IPTEKS adalah publikasi dari Lembaga Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala, jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Mei dan Desember. Tujuan dari publikasi jurnal ...