AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman
Vol. 4 No. 1 (2021)

Konsep Pendidikan Islam Perspektif Az-Zarnuji sebagai Wawasan dalam Pembelajaran

Mubarok, Hayyul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

lImu merupakan pengetahuan yang berasal dari pengamatan panca indera, juga bisa disebut empirik, lImu juga dapat berawal dari cara berfikir manusia dengan menggunakan rasio. Tapi ada istilah mengatakan lImu yang paling utama adalah lImu alam dan perbuatan yang paling mulia adalah menjaga hal atau kondisi diri. Pendidikan lsIam merupakan usaha dalam membangun dan meningkatkan sumber daya manusia (human resources), bersama dengan kesehatan (health) dan kesejahteraan sosial (welfare) melalui konsep lsIami. Pendidikan lsIam perspektif Az-Zarnuji merupakan rancangan kegiatan yang paling banyak berpengaruh terhadap perubahan perilaku manusia dan suatu masyarakat, serta menjadi model pembelajaran dalam pendidikan yang efektif untuk menyiapkan masyarakat di masa depan. Sedangkan ruang lingkup Pendidikan Agama lsIam meliputi keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, dan ketiga hubungan manusia dengan dirinya sendiri, serta hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungannya. Pada ruang lingkup inilah konsep Az-Zarnuji memiliki peran besar, sehingga melalui konsep yang ditawarkannya ada wawasan khusus di dalam pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-fikrah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Fikrah : Merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hamidiyah Bangkalan yang memuat tentang Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman sebagai sarana publikasi hasil penelitian dan berbagai kajian ilmu keislaman baik pendidikan, pemikiran, syariah, dan kajian Islam ...