Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 2 (2021): Juni

Urgensi Penerapan Konsep Kepemimpinan Islam Dalam Lembaga Pendidikan Usia Dini

Muhammad Raihan Nasucha (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Pemimpin merupakan kunci kesuksesaan pada sebuah lembaga maupun organisasi. Pemimpin yang menerapkan konsep kepemimpinan yang benar akan memberikan dampak luar biasa terhadap lembaga yang dinaunginya. Selain itu, tidak cukup apabila konsep kepemimpinan yang sejati tanpa mengikutkan aspek spiritual sebagai pengontrol dari hal-hal buruk yang akan menghampiri. Konsep kepemimpinan Islam merupakan konsep kepemimpinan yang sangat kompleks untuk diterapkan oleh seluruh civitas akademisi yang terlibat dalam lembaga pendidikan terkhusus pada usia dini. Anak didik akan mendapatkan berbagai dampak positif dari para kalangan akademisi yang terlibat pada proses berlangsungnya pendidikan usia dini. Anak merupakan sebuah subjek pendidikan yang mudah terpengaruh oleh lingkungan yang ada disekitar mereka. Apabila lingkungan yang ditinggalinya baik, tentu damapk baik akan menyertainya. Itulah paparan yang menjadi tujuan utama penulisan ini. Artikel ini dibuat dengan menggunakan teknik library research yang menghimpun berbagai jurnal yang relevan dengan bahasan kami lalu dinarasikan kembali dengan bahasa berbeda. Serta, kesimpulan yang dapat diambil dari artikel ini bahwasanya kepemimpinan Islam memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun peserta didik, baik dalam aspek pengetahuan (intelektualitas) dan sikap yang ditunjukan pada lingkungan sekitarnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CEJ

Publisher

Subject

Education

Description

CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP2M) Intitut Agama Islam Al-Qodiri Jember . Childhood Education merupakan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang berisikan tulisan ilmiah tentang ...