Chemistry Education Practice
Vol. 4 No. 1 (2021): Edisi Mei

Pembelajaran Kooperatif Berbasis Demonstrasi Kimia Yang Dimodifikasi Sebagai Model Perkuliahan Kimia Analitik Berkarakter

Mutiah Mutiah (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Sukib Sukib (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Eka Junaidi (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Yunita Arian Sani Anwar (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Penelitian ini  merupakan penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis demonstrasi kimia yang dimodifikasi  untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia analitik  dan karakter mahasiswa.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksakan selama 4 siklus. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Progdi. Pendidikan Kimia yang mengikuti matakuliah dasar dasar kimia aanalitik. Obyek penelitian ini adalah pemahaman mahasiswa pada konsep kimia analitik dan karakter kerja keras dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep kimia analitik mahasiswa pada siklus I (titrasi asam basa) sebesar 57,5  siklus II (aplikasi titrasi asam basa) sebesar 65, siklus III (Titrasi pengendapan) sebesar 70, dan siklus IV (aplikasi titrasi pengendapan) sebesar 75. Peningkatan nilai karakter tanggung jawab adalah sebagai berikut: cukup (siklus I), baik (siklus II), baik (siklus III) dan sangat baik (siklus IV). Sedangakan untuk nilai karakter kerja keras mahasiswa adalah: cukup (siklus I), cukup (siklus II), baik (siklus III), dan baik (siklus IV).Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis demonstrasi kimia yang dimodifikasi dapat meningkatkan pemahaman konsep kimia analitik dan nilai karakter tanggung jawab dan kerja keras pada  mahasiswa. Kata kunci:  demonstrasi kimia, pembelajaran kooperatif, pendidkan karakte

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...