Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Penugasan Terstruktur Keterampilan Argumentasi (LPT-KA) pada materi laju reaksi yang layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran kimia. LPT-KA dikembangkan menggunakan metode Research and Develompment (R&D) untuk menghasilkan LPT-KA yang memenuhi kriteria kelayakan validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Pada Desember 2020 dilakukan uji coba terbatas terhadap peserta didik SMAN 1 Sidayu dan SMA Assaââ¬â¢adah yang telah memperoleh materi laju reaksi dengan jumlah keseluruhan sebanyak 15 orang. Intrumen yang digunakan terdiri atas lembar telaah, lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar tes keterampilan argumentasi. Hasil penelitian didapatkan validitas LPT-KA dengan kategori sangat valid yang memperoleh persentase kesesuaian isi sebesar 83%, kesesuaian indikator keterampilan argumentasi sebesar 90%, komponen penyajian sebesar 83%, dan komponen kebahasaan sebesar 82%. Respon peserta didik terhadap indikator keterampilan argumentasi (claim, evidence, reasoning, dan rebuttal) didapatkan persentase untuk setiap komponen sebesar 100% dengan kriteria sangat praktis. Hasil tes keterampilan argumentasi peserta didik menunjukkan efektivitas LPT-KA yang memperoleh nilai N-gain skor sebesar 0,78 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Lembar Penugasan Terstruktur (LPT) yang telah dikembangkan dapat dijadikan sebagai perangkat pembelajaran untuk melatihkan Keterampilan Argumentasi (KA) pada materi laju reaksi.Kata Kunci: Lembar Penugasan Terstruktur, Laju Reaksi, Keterampilan Argumentasi
Copyrights © 2021