Chemistry Education Practice
Vol. 4 No. 2 (2021): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan dalam rangka ulang tahun CEP yang ke 4

Pengengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing Berpendekatan Nested untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Laju Reaksi

Mustainah Isnaini (Universitas Negeri Surabaya)
Bertha Yonata (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD inkuiri berpendekatan nested dalam rangka melatih keterapilan proses sains siswa. Metode yang digunakan adalah desain pengebangan 4-D dilakukan sampai tahap pengembangan. Uji coba LKPD dibatasi pada 12 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Sidayu yang belum mendapatkan materi laju reaksi. Instruen yang digunakan terdiri dari lembar tes (pretest dan posttest) keterampilan proses sains (KPS), tes ranah pengetahuan, telaah, validasi, aktivitas dan angket respon. Pengembangan LKPD ini dinyatakan layak digunakan karena hasil penelitian diperoleh nilai validasi ≥61% dan nilai yang diperoleh siswa ≥75 sesuai kriteria ketuntasan minimal sekolah. Presentase validasi kriteria isi 86,3%, kesesuaian dengan inkuiri 80%, kesesuaian dengan komponen keterampilan proses sains 80%, bahasa 90,7%, dan grafis 90,7% kategori valid secara teoritis dan empiris. Respon peserta didik menunjukkan respon positif dengan persen rata-rata 93% kriteria sangat merespon. LKPD yang dikembangkan efektif digunakan karena tes keterampilan proses sains (KPS) diperoleh n-gain skor sebesar 0,84 kategori sangat tinggi. Hal terrsebut didukung dengan hasil tes pengetahuan diperoleh nilai rata-rata yang diperoleh ≥75 yang berarti sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal sekolah. Kata Kunci: LKPD, Inkuiri, Nested, Keterapilan Proses Sains, Laju Reaksi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...