Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 1 (2020)

TINJAUAN TEORITIS TENTANG PENDEKATAN STEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Winahyu (MIN Pangkajene Kepulauan)
Ma'rufi (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Muhammad Ilyas (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Era revolusi 4.0 tidak hanya mempengaruhi bisnis, tata kelola, dan masyarakat, tetapi juga mempengaruhi pendidikan. Isu penting pendidikan di era ini salah satunya adalah STEM. Selain itu, dalam pendidikan matematika, etnomatematika juga merupakan kajian yang baru. Dalam pembelajaran STEM peserta didik terlibat dalam eksplorasi STEM melalui pengalaman kreatif langsung. Sementara etnomatematika membantu peserta didik mengaitkan matematika di sekolah dengan dunia nyata dengan menggunakan budaya sebagai media pembelajaran. Pada artikel ini dikaji tentang pendekatan STEM berbasis etnomatematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...