Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2020

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Nur Wahidin Ashari (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Ilyas Muhammad (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Rachmat Fajar Halim (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Dalam dunia Pendidikan, selain memiliki kecerdsan intelektual siswa juga diharapkan memiliki tingkat kecerdasan emosional yang stabil. Kecerdasan emosional memiliki berperan penting dalam proses pemenuhan kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa dengan kecerdsasan emosional stabil akan lebih mampu untuk mengontrol diri, mengelola stress, dan mengatasi tantangan khususnya dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP di Kota Palopo dengan subjek adalah siswa kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dimana data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis dan pengisian kuesioner. Hasil penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berada pada kategori sedang. Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa artinya semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, semakin tinggi juga kemampuan pemecahan masalah matematikanya begitupun sebaliknya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...