Dalam dunia Pendidikan, selain memiliki kecerdsan intelektual siswa juga diharapkan memiliki tingkat kecerdasan emosional yang stabil. Kecerdasan emosional memiliki berperan penting dalam proses pemenuhan kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa dengan kecerdsasan emosional stabil akan lebih mampu untuk mengontrol diri, mengelola stress, dan mengatasi tantangan khususnya dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP di Kota Palopo dengan subjek adalah siswa kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dimana data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis dan pengisian kuesioner. Hasil penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berada pada kategori sedang. Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa artinya semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, semakin tinggi juga kemampuan pemecahan masalah matematikanya begitupun sebaliknya.
Copyrights © 2020