Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 6 No. 2 (2020): December

PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA:

Melisa Naibaho (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Rumiris Lumban Gaol (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Patri Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL (Contextual Teaching and Learning dengan LKS terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku. Penelitian ini dilakukan di SD SWASTA HKBP NO.1 SIBOLGA pada bulan Juli 2020. Subjek penelitian berjumlah 65 siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes. Pengujian hipotesis digunakan uji “t”. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa kemampuan pada tema daerah tempat tinggalku dengan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan LKS terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 85,71 sedangkan kemampuan pada tema daerah tempat tinggalku tanpa menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan LKS terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 67,62. Selanjutnya pengujian hipotesis adalah 5.700 kemudian dikonsultasi dengan tabel t pada taraf signifikan 0,05 .Oleh karena itu yang diperoleh lebih besar dari yaitu 5.700 > 1.692 maka dapat disimpulkan bahwa model CTL (Contextual Teaching and Learning) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SD SWASTA HKBP NO.1 SIBOLGA tahun pembelajaran 2020/2021. Dengan demikian , model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya pada tema daerah tempat tinggalku.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...