Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 3 (2021): July-September

Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Siska Yolanda (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Septi Fitri Meilana (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Penggunaan media dalam pembelajaran sangat penting untuk membangun kualitas proses belajar agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar harus kreatif serta inovatif untuk menjauhkan siswa dari kejenuhan dalam belajar dan dapat menumbuhkan minat belajar siswa dalam pembelajaran . penelitian ini memiliki tujuan untuk melihati pengaruh aplikasi quizizz terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SDN 19 Kramat Jati. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment dengan bentuk posttest only control design. Dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Uji Validitas menggunakan rumus product moment dan dari 30 pernyataan didapatkan 25 pernyataan valid dan 5 pernyataan drop. Uji Reliabilitas menggunakan rumus alpha cornbach. Uji analisis persyatan normalitas menggunakan uji Liliefors dan Uji Homogenitas menggunakan Uji Fisher. Terkahir, Uji Hipotesis dilakukan menggunakan uji-t . Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa adanya pengaruh aplikasi quizizz terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SDN Kramat Jati 19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...