Jurnal Civic Hukum
Vol. 5 No. 1 (2020): Mei 2020

Strategi Oded-Yana Dalam Memenangkan Suara Pemuda Pada Pilwakot Bandung 2018

Mohammad Fazrulzaman Azmi (Padjadjaran University)
Mudiyati R (Unknown)
Caroline Pascalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan strategi Oded-Yana dalam memenangkan suara pemuda pada Pilwalkot Bandung 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Oded-Yana memenangkan suara pemuda dengan menarik perhatian mereka melalui program Youth Space dan Co Working Space, menggunakan narasi hijrah dan memanfaatkan insentif politik dari Ridwan Kamil dan Asyik (Ajat-Syaikhu), serta melakukan kampanye berbasis media sosial dan internet. Setelah itu, Oded-Yana mengunjungi tempat berkumpulnya pemuda dan menggunakan metode peer to peer. Pada prosesnya Oded-Yana membagi segmen pemuda, kemudian mengunjungi mereka atau menerapkan strategi kampanye door to door, serta membangun kesepahaman bersama. Selanjutnya, Oded-Yana terhubung dengan pemuda dengan mengoptimalkan fungsi media center dan sekretariat, serta meningkatkan koneksi dengan pemuda melalui optimalisasi jaringan. Kemudian, Oded-Yana membentuk relawan, serta memberi mereka tanggungjawab dan menjadikannya pemimpin kampanye, seperti halnya Relawan Boy Band (Balad Oded-Yana untuk Bandung) dengan program Ruko dan Nobar. Selain itu, Oded-Yana menggunakan musik dan budaya dengan memberdayakan komunitas, seperti halnya KPJ (Komunitas Penyanyi Jalanan). Dengan demikian, Oded-Yana melakukan berbagai cara untuk memenangkan suara pemuda, namun pendekatan utama yang digunakan adalah menemui simpul-simpul tokoh pemuda, serta membangun kontrak politik dengannya, sehingga mereka mau berkomitmen untuk mendukung kandidat.

Copyrights © 2020