El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 4 No 1 (2021): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Alternatif Pembelajaran Menggunakan Card Game Pada Anak

Susanti, Khikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2021

Abstract

Perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Khususnya dibidang gadget. Tak bisa dipungkiri dari anak kecil hingga dewasa sudah mengenal gadget dengan segala kegunaannya. Meskipun gadget bisa digunakan sebagai media belajar, namun ada dampak negatif yang ditimbulkan. Sehingga orang tua perlu meminimalisir penggunaan gadget kepada anak. Keberadaan Card Game, bisa menjadi media belajar alternatif yang digunakan untuk memberikan pelajaran. Card Game bisa menjadi pilihan yang mengasikkan dan menjadikan waktu kebersamaan menjadi lebih berarti, disaat permainan favorit bisa diakses hanya via ponsel. Bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja di jaman yang sudah serba virtual. Card Game tidak hanya berisi tentang permainan, namun ada yang berisi edukasi, seperti Card Game huruf Hijaiyah. Card Game yang berisi edukasi dapat memberikan informasi, dan kesenangan untuk si anak. Dengan bermain sambil belajar diyakini dapat mengasah kemampuan berpikir dan menciptakan kreativitas anak dengan melihat visual yang ada. Selain itu mampu menyusun strategi, mengasah ketelitian, anak menjadi lebih aktif, dapat bersosialisasi dan komunikatif dengan teman, serta menanamkan rasa saling menghormati, dan jujur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ElBanar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Bani Saleh Kota Bekasi, terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal El Banar merupakan media diskusi ilmiah dalam bidang pendidikan dan ...