Kasaba: Jurnal Ekonomi Islam
Vol 14 No 1 (2021)

PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH BPRS AMANAH UMMAH CABANG BOGOR

Haryadi, Yegi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2021

Abstract

Persaingan yang ketat dan kompetitif antar industri perbankan menuntut agar bank syariah mampu memberikan layanan yang berkualitas kepada nasabahnya. Kualitas layanan merupakan salah satu faktor kunci yang menjadi keunggulan daya saing bagi industri perbankan yang bergerak di bidang jasa. Kualitas pelayanan yang baik akan menciptakan kepuasan pelanggan dan mendorong loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah BPRS Amanah Ummah Cabang Bogor. Dengan menggunakan konsep Islamic Banking Service Quality (ISBQ) yang terdiri dari 7 dimensi yaitu kepatuhan syariah, efektivitas dan jaminan, akses, harga, portofolio layanan, kehandalan, berwujud. Metode penelitian menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Responden adalah nasabah BPRS Amanah Ummah Cabang Bogor, teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dengan jumlah 70 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai p 0,005

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Kasaba

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kasaba adalah Jurnal Ekonomi Islam merupakan Jurnal Ekonomi Islam yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan dikelola oleh Program Studi Magister Ekonomi Syariah Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup Kasaba adalah Jurnal Ekonomi Islam meliputi kajian ekonomi ...