Jurnal Akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL AKUNTANSI (JA)

PERSEPSI PENGGUNA LAYANAN DIGITAL DI ERA COVID 19 PASCA DITERBITKANNYA PMK NOMOR 48/PMK.03/2020 TENTANG PPN ATAS PERDAGANGAN MELALUI SISTEM ELEKTRONIK

Sri Endar Utami (JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI KUPANG)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Persepsi pengguna layanan digital terhadap PMK Nomor 48 /Pmk.03/2020 Tentang PPN atas Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. 2) Persepsi pengguna layanan digital terhadap pembebanan PPN 10% pada pelayanan digital Per 1 Juli 2020. 3) Persepsi pengguna layanan digital dalam pengambilan keputusan berlangganan layanan digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Responden dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil wawancara juga dianalisis menggunakan teknik analisis yang dikembangkanoleh Miles, Huberman (1994) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian besar responden belum mengetahui bahkan memahami pengimplementasian PPN 10% atas barang dan jasa digital dalam PMK Nomor 48 /Pmk.03/2020. Kedua, lebih dari setengah responden tidak berkeberatan jika harus membayar PPN 10% atas layanan diginal yang digunakan. Ketiga, sebagian besar pelanggan akan tetap berlangganan barang dan jasa layanan digital walapun hampir setengah pelanggan layanan digital tidak menyetujui implementasi PMK Nomor 48 /Pmk.03/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang (JA-UMK) diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang secara berkala setiap empat bulan yakni bulan Januari, Mei, dan September (tiga kali terbit setiap tahun). Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk ...