Jambura Early Childhood Education Journal
Vol 3 No 2 (2021): Jambura Early Childhood Education Journal

Pengelolaan Pembelajaran Di Raudhatul Athfal Nurul Ilmi

Mira Mayasarokh (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Yayah Kodariah (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Berdasarkan masalah yang diteliti di RA Nurul ilmi terdapat keterbatasan pengelolaan pembelajaran, terbatasnya sarana prasarana yang belum memadai serta upaya dan peran serta orang tua dan pemerintah desa sangat minim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengelolaan pembelajaran di RA Nurul Ilmi (2) Faktor pendukung dan penghambat pengelolaan pembelajaran di RA Nurul Ilmi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Keabsahan data mengunakan teknik triangulasi. Peneliti mengunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokunentasi untuk sumber data data yang sama secara serempak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Dari hasil penelitian bahwa pengelolaan Pembelajaran di RA Nurul Ilmi cukup baik dengan banyaknya raihan prestasi dan adanya perubahan prilaku siswa, meskipun terdapat faktor penghambat kurangnya perhatian dan kurang nya komunikasi antara komite sekolah dan pemerintah desa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jecej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jambura Early Childhood Education Journal is a journal that focuses on early childhood studies, discussing parents-child relationship, multiple intelligences, and pedagogies. This journal is published by the Education Teacher and Early Childhood Education Department, Gorontalo State University, ...