Buletin KKN Pendidikan
Vol. 3, No. 1, Juli 2021

Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus

Khikmawati, Devi Kurnia (Unknown)
Alfian, Rafi (Unknown)
Nugroho, Abdylla Adhiyasa (Unknown)
Susilo, Agus (Unknown)
Rusnoto, Rusnoto (Unknown)
Cholifah, Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Adanya pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran terutama penggunaan buku digital (e-book) melalui perantara komputer, laptop atau smartphone. Pemanfaatan teknologi yang dipublikasikan dalam bentuk digital digunakan untuk memudahkan siswa dalam belajar serta meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 dengan menampilkan informasi berupa teks, gambar, audio, video, animasi, narasi, musik, serta multimedia lainnya. Permasalahan yang akan dihadapi adalah seberapa siapkah siswa tingkat sekolah dasar menggunakan e-book dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberi kemudahan siswa dalam belajar, meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media e-book dan mengetahui umpan balik siswa terhadap buku digital. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Research Apraisal (PRA) dengan bimbingan secara langsung kepada siswa. Adapun hasil dari program pengabdian masyarakat ini adalah secara tidak langsung penggunaan e-book bagi siswa kelas VI SD N 2 Mlati Kidul tersebut dapat membantu siswa agar lebih mudah mengakses materi pembelajaran dan mempelajari kembali materi pembelajaran kapan saja dan dimana saja menggunakan e-book. Siswa tingkat SD menjadi lebih semangat belajar secara mandiri dengan adanya e-book yang sifatnya praktis dan mudah dibawa kemana saja pada masa pandemi Covid-19 ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

buletinkkndik

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Lingkup kajian Buletin KKN-Dik adalah kegiatan pengabdian masyarakat dan/atau KKN Dik yang dapat berupa: (a) penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat pendidikan; (b) pemahaman kondisi pendidikan masyarakat di ...