PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 2 No. 1 (2021): Januari 2021

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT SENDANG WIDODARI KABUPATEN KUDUS

Mahmud Ahmadi (Universitas Muria Kudus)
Sekar Dwi Ardianti (Universitas Muria Kudus)
Ika Ari Pratiwi (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus dan untuk mengetahui bentuk penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sendang Widodari untuk pendidikan anak sekolah dasar. Cerita rakyat merupakan warisan budaya bangsa yang memiliki nilai-nilai yang dapat diambil dan diterapkan di masa kini dan masa depan, serta penyebaran cerita rakyat dari mulut ke mulut. Salah satunya adalah nilai karakter. Karakter adalah suatu pola, baik itu pikiran, sikap, moral, perilaku, watak, dan tindakan yang ada dan melekat pada seseorang yang sulit dihilangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang mendeskripsikan atau mendeskripsikan fenomena atau keadaan yang diamati secara objektif. Subjek penelitian ini adalah cerita rakyat Sendang Widodari. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...