Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol 1, No 3 (2020): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)

Branding “Keripik Singkong” Untuk Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri Berbasis Ekonomi Kreatif

Ika Anggraheni (Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang)
Ela Yuniar (Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang)
Mohamad Saleh Tuanany (Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang)
Muhammad Yusuf Ahsani (Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang)
Karina Safitri Rachmawati (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang)
Muhammad Ibnul Qayyim (Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang)
Antoni Bagus Pradana (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang)
Anggi Ayu Dwi Narwani (Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang)
Achmad Rafly Firdauzie (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang)
Rizma Noer Hidayati (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang)
Riska Dwi Pratiwi (Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang)
Laela Octaviana Yusuf (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Banyaknya potensi yang dimiliki oleh Desa Dadapan menjadikan semakin meningkat peluang perekonomian yang dimilikinya dan menjadikan deesa mandiri sejahtera berbasis ekonomi kreatif. Salah satunya dengan membuat industri kecil dalam rumah tangga untuk mengolah hasil pertanian yang dimilikinya dan memberikan kemasan yang menarik sehingga menarik perhatian konsumen dan berhasil memasarkan produk dengan lebih baik. Dengan jumlah penghasilan yang lebih baik setiap waktunya, menjadikan kami mahasiswa dari Kelompok 2 KKN-PPM Tematik Desa Dadapan ingin mengembangkan produk olahan tersebut menjadi produk yang digemari oleh seluruh penjuru dan tidak hanya di wilayah Desa Dadapan saja. Dengan memberikan dorongan kepada pemilik usaha untuk mengembangkan brand dan kemasan sehingga menjadi lebih menarik perhatian konsumen. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, penulis menggunakan metode penggalian informasi dan metode analisis data deskriptif dengan observasi dan wawancara. Dengan menggunakan brand dan kemasan baru menghasilkan produk keripik singkong Bu Rinda semakin banyak dikenal dan lebih memiliki banyak konsumen. Sehingga dapat meningkatkan penghasilan ekonomi Bu Rinda dan semakin banyak tenaga usaha yang dibutuhkan karena semakin banyaknya produk yang diproduksi. Harapannya branding dapat dijalankan secara berkelanjutan. Sehingga Desa Dadapan dapat menjadi Desa Sejahtera dan mandiri Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Pemanfaatan Ubi Singkong.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...