JEKPEND Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 4, No 2 (2021): Juli

Analisis Faktor Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Produk Fashion Saat Pandemi Pada Mahasiswa

Rahmawati, Velia Eka (Unknown)
Surjanti, Jun (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2021

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melakukan analisa literasi ekonomi, gaya hidup dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Penelitian tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif. Dimana analisis data yang digunakan yaitu analisa regresi linier berganda untuk analisa literasi ekonomi, gaya hidup dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan tidak hanya analisis regresi linier berganda tetapi juga uji signifikansi melalui uji t, uji f dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian membuktikan literasi ekonomi mempunyai pengaruh negatif signifikan, gaya hidup berpengaruh positif signifikan, kontrol diri tidak berpengaruh signifikan dan terdapat pengaruh secara bersama antara variabel literasi ekonomi, gaya hidup dan kontrol diri terhadap variabel perilaku konsumtif yang ditunjukkan dengan nilai F hitung 11,729 dan signifikansi 0,000 > 0,05. Dan ditunjukkan dari nilai R Square sebesar 0,395. Saat pandemi aktivitas berbelanja (online) produk (fashion) sangatlah meningkat. Hal tersebut menyebabkankan meningkatnya perilaku konsumtif pada mahasiswa. Sehingga perlu adanya faktor yang dapat meminimalisir perilaku konsumtif tersebut. Melalui literasi ekonomi, gaya hidup dan kontrol diri yang baik akan dapat meminimalisir perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEKPEND

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JEKPEND: Jurnal ekonomi dan pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat tulisan berupa gagasan ilmiah dan hasil hasil penelitian dalam bidang ekonomi dan pendidikan. Scope tulisan meliputi kajian pendidikan ekonomi, ilmu ekonomi, pengembangan kurikulum pendidikan ekonomi, model dan media ...