Jurnal Smart PAUD
Vol 3, No 2: Juli 2020

Eksplorasi Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Anak

Nihwan, Nihwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Pembelajaran sains bertujuan agar anak mampu berpikir secara konkrit dengan aktif mencari informasi tentang yang ada di lingkungan sekitar untuk membangun pengetahuannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir anak melalui kegiatan eksplorasi pembelajaran sains sederhana di Kelompok B TK ABA Yosomulyo Metro Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yakni seluruh Anak Kelompok B TK ABA Yosomulyo Metro Pusat yang berjumlah 15 Anak. Data yang diperoleh adalah hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor dari lembar hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains pada materi pengukuran dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak yang berupa hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif, dan hasil belajar psikomotorik pada siklus I hanya 65% meningkat pada siklus II sebesar 80% dan siklus III meningkat dengan persentase mencapai 92%. Kesimpulan penelitian ini bahwa kegiatan eksplorasi pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

smartpaud

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...