Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan memancing angka terhadap kemampuan kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dan desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan di TK Nur Aswad Kabupaten Konawe Utara pada tahun ajaran 2019/2020 pada bulan Januari sampai Februari 2020. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan permainan memancing angka terhadap kemampuan Kognitif anak di TK Nur Aswad. Hal ini tampak pada kemampuan kognitif anak sebelum diajar dengan permainan memancing angka terdapat 5 anak atau 26,32% yang memperoleh nilai BSB, terdapat 6 anak atau 31,58% yang memperoleh nilai BSH, sedangkan yang memperoleh MB sebanyak 8 anak atau 42,11%. Kemampuan kognitif anak setelah diajar dengan permainan memancing angka terdapat 2 anak atau 10,53% yang memperoleh nilai BSH dan memperoleh BSB sebanyak 17 anak atau 89,47%.
Copyrights © 2021