Sejak covid-19 menyebar di Indonesia, muncul permasalahan dalam bidang ekonomi karena adanya kebijakan pemerintah berupa pembatasan sosial masyarakat. Dampak yang terlihat nyata adalah menurunnya pendapatan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) akibat menurunnya penjualan atas produknya. Sehingga sebagain besar UMKM mulai memanfaatkan e-commerce sebagai salah satu media pemasarannya agar masyarakat dapat melakukan transaksi secara online. Mengingat banyaknya UMKM yang baru memanfaatkan e-commerce untuk pemasarannya, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan e-commerce terhadap peningkatan penjualan produk UMKM di Kabupaten Jombang pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan data yang dikumpulkan menggunakan kuisioner atau menyerahkan butir-butir pertanyaan tertulis dari responden dengan jumlah responden sebanyak 50 UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jombang yang memakai e-commerce (e-marketplace). Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel e-commerce (X1) dan promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan (Y), sementara pada variabel keviralan (X3) tidak berpengaruh berhadap peningkatan penjualan (Y). Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan, bahwa pemanfaatan e-commerce berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk UMKM di Kabupaten Jombang pada masa pandemi Covid-19.
Copyrights © 2021