Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2021): Volume 2 Nomor 1 Tahun 2021

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESA BAHARI KABUPATEN BUTON SELATAN

muhammad rizal ardiansah putra (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Buton)
Muhammad Hidayatullah (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Buton)
Dahlia Dahlan (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Buton)
Sitti Nurcahyani (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Buton)
Wa Ode Risna Zaindra (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Tidak sedikit desa-desa yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Buton Selatan yang memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah menariknya dengan daerah atau destinasi pariwisata lainnya di Indonesia, mulai dari wisata alam (pantai dan pegunungan) dan wisata budaya (seni tari, upacara adat, dan kegiatan budaya lainnya), salah satunya adalah Desa Bahari Kecamatan Sampolawa. Daerah wisata tersebut saat ini dimanfaatkan oleh masyarakat desa dengan model pemanfaatan yang sangat sederhana dan keberadaannya belum diketahui luas oleh masyarakat luar dikarenakan belum adanya upaya promosi yang lebih modern. Kegiatan promosi perlu dilakukan agar dikenal tidak hanya oleh wisatawan lokal/daerah sekitar namun juga oleh wisatawan asing. Pemanfaatan yang sederhana dan belum adanya kegiatan promosi dengan menggunakan dukungan teknologi (berbasis media sosial) tersebut belum mampu memberikan peningkatan pendapatan ekonomi warga lokal. Pengetahuan wisatawan lokal tentang keberadaan daerah-daerah wisata ini, khususnya wisata alam hanyalah dari mulut ke mulut dan informasi melalui media sosial yang tidak terencana dan dikemas dengan baik. Solusi yang ditawarkan adalah mengembangkan kemampuan masyarakat lokal dalam melakukan promosi dengan memanfaatkan penggunaan media sosial dan promosi sehingga branding terhadap keberadaan potensi pariwisata yang masih lemah dan terkesan masih “traditional way” dapat lebih ditingkatkan sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat lokal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...