Ekonomi Bisnis
Ekonomi Bisnis, Volume 25, No.1, Mei 2020

Uji Peran Mediasi Subjective Well-Being atas Pengaruh Locus of Control Terhadap Kepuasan Kerja Perawat

Rini Safitri (Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang)
Ahmad Syafi Syaifur Rizal (Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran subjective well-being dalam memediasi locus of control terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan pada perawat Rumah Sakit Islam Fatimah Banyuwangi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 85 perawat dengan sampel responden sebanyak 70 perawat. Metode penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, pengujian hipotesis menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap subjective well-being ­dan kepuasan kerja, sedangkan subjective well-being tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja karena terdapat faktor lain yang lebih mempengaruhi kepuasan kerja perawat seperti gaji, lingkungan kerja, maupun karakteristik pekerjaan. Pada sisi lain, subjective well-being yang dimiliki perawat melekat dalam diri masing-masing dan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap karyawan seperti bersikap baik terhadap terhadap rekan dan meningkatkan kemampuan dalam bekerja, sehingga tidak memiliki implikasi pada meningkat atau menurunnya kepuasan kerja. Oleh karena itu subjective well-being tidak berperan sebagai variabel intervening.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ekobis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EKONOMI BISNIS (Economics, Management, and Business Journal) is a scientific dan peer-reviewed journal published twice a year (May and October) by Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang, Indonesia. Ekonomi Bisnis tries to serve as a communication media, ...