Abstrak Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Kebonagung. Nilai hasil belajar tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita muatan Bahasa Indonesia kelas V yang masih banyak siswa tidak memenuhi KKM yaitu dari 13 siswa hanya 5 siswa (38,46%) yang tuntas dan 8 siswa (61,54%) yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Peningkatan Hasil Belajar Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 02 Kebonagung Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 02 Kebonagung. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus 2 pertemuan. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Flipped Classroom dapat meningkatan hasil belajar Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita muatan Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kebonagung. Saran dari penelitian ini adalah melalui model Flipped Classroom ini semoga dapat memeberikan kontribusi yang lebih baik dalam perbaikan pembelajaran.Kata Kunci : Flipped Classroom, Hasil Belajar.
Copyrights © 2021