Perubahan sistem pembelajaran masif dilakukan dalam setiap elemen jenjang pendidikan sebagai akibat merebahnya pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aplikasi penerapan model Project Based Learning mata kuliah kimia bahan makanan di Jurusan Kimia, UIN Walisongo Semarang. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Univesitas untuk mencetak generasi kimia unggul dan berprestasi. Dalam perkuliahan ini diajarkan berbagai konsep dan materi yang berkaitan dengan bidang pangan dalam cakupan ilmu kimia. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data informasi tentang keadaan mahasiswa dilihat dari aspek kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil prestasi belajar mahasiswa. Melalui metode pembelajaran ini mahasiswa mampu lebih kreatif dan berinovasi dalam menelaah setiap materi pembelajaran yang diberikan. Disamping itu pembelajaran berbasis proyek ini dapat memfasilitasi peserta didik untuk mempelajari konsep secara mendalam dan dapat meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2021