Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan keefektivan mengajar guru melalui desain pembelajaran sejarah berkonten sejarah lokal berbasis multimedia pada siswa kelas X IPS-II SMA Negeri 1 Batauga. (2) Untuk meningkatkan motivasi siswa kelas X IPS-II SMA Negeri 1 Batauga melalui desain pembelajaran sejarah berkonten sejarah lokal berbasis multimedia. (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS-II SMA Negeri 1 Batauga melalui desain pembelajaran sejarah berkonten sejarah lokal berbasis multimedia. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan memanfaatkan multimedia. Dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS-II SMA Negeri 1 Batauga yang berjumlah 28 siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu nilai keefektifan guru minimal 71, motivasi belajar siswa sebesar 75% dan hasil belajar siswa 68 berdasarkan KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Desain pembelajaran sejarah berkonten sejarah lokal berbasis multimedia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah pada kelas X IPS-II SMA Negeri 1 Batauga. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keefektifan guru, motivasi siswa dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai keefektivan guru mencapai 68.11 meningkat pada siklus II menjadi 73.90, keberhasilan ini dikarenakan guru telah melakukan perbaikan-perbaikan pada APKG II, sehingga kegiantan-kegiatan guru pada saat proses pembelajaran yang belum terlaksana pada siklus I sebelumnya telah terlaksana pada siklus II. Motivasi siswa pada siklus I mencapai 47.60% meningkat menjadi 75.62% pada siklus II, peningkatan motivasi siswa dikarenakan pada pelaksanaan pembelajaran siklus II guru memaksimalkan memotivasi siswa dan menampilkan multimedia semenarik mungkin, sehingga terbukti pengisian angket motivasi siswa pada siklus II mengalami peningkatan. Persentase keberhasilan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64.28% meningkat menjadi 75% pada siklus II, keberhasilan ini dikarenakan multimedia yang ditampilkan memuat video dan gambar sebagai bukti peninggalan sejarah sehingga merangsang siswa untuk tertarik dan mudah memahami penjelasan guru. Terbukti dari total 28 jumlah siswa, 4 siswa tidak tuntas, 3 siswa tidak hadir dan 21 siswa mendapatkan nilai tuntas.Kata Kunci: Multimedia, Sejarah Lokal, Motivasi, Hasil Belajar
Copyrights © 2021