Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis persepsi orang tua siswa terhadap anak putus sekolah di Desa Kontumere Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna; 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis persepsi pihak sekolah terhadap anak putus sekolah di Desa Kontumere Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna; 3) Untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan anak putus sekolah di Desa Kontumere Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna; 4) Untuk mengidentifikasi dan menganalisis upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak putus sekolah di Desa Kontumere Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Persepsi orang tua siswa Putus sekolah dipengaruhi status sosialnya baik di lingkungan bermain maupun dalam keluarganya; 2) persepsi pihak sekolah terhadap anak putus sekolah sangat menyayangkan dengan adanya fenomena tersebut, sehingga mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran para guru kepada motivasi lebih jauh lagi akan pentingnya pendidikan; 3) Faktor utama penyebab anak putus sekolah adalah kurangnya motivasi anak bersekolah, tingkat kemalasan anak yang tinggi, kurangnya perhatian dan pendampingan orang tua terhadap anak, sulitnya menangkal pengaruh buruk dari sisi perkembangan teknologi, karena pembulian yang terjadi di sekolah, dan karena masalah perceraian orang tua; 4) Upaya yang dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi anak putus sekolah yaitu; orang tua selalu mengupayakan agar anak melanjutkan pendidikannya kembali dengan bekerjasama dengan pihak sekolah, memberikan bimbingan dan mengingatkan kepada anak tentang pentingnya pendidikan untuk menggapai cita-citanya atau untuk masa depannya, melakukan kerjasama dengan guru agar anak kembali bersekolah, memberinya efek jera karena kepada anak yang putus sekolah dengan beberapa cara seperti tidak memberikannya uang jajan, memaksanya untuk terus bekerja di rumah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021