Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Vol 5, No 3 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 KONAWE SELATAN

Oktavian, Rikki (Unknown)
anwar, anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2020

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini yaitu: 1) Meningkatkan keefektifan mengajar guru IPS kelas VIII D SMP Negeri 3 Konawe Selatan melalu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. 2) Meningkatkan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Konawe Selatan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. 3) Meningkatkan hasil belajar belajar IPS pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Konawe Selatan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus teridiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi keefektifan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Keefektifan mengajar guru IPS kelas VIII D SMP Negeri 3 Konawe Selatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siklus 1 mencapai 66.67%. Hal ini menunjukan belum tercapainya indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 90% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 100%. Dengan demikian telah mencapai indikator kinerja yaitu 90%. 2) Aktivitas belajar IPS siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Konawe Selatan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siklus I hanya 57.14% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 100%. Dengan demikian telah mencapai indikator kinerja 90%. 3) Hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT meningkat dengan persentase awal pada siklus I hanya 45%. Hal ini menunjukan belum tercapai indikator kinerja yaitu 80%. Pada siklus II mengalami peningkatan  menjadi 95%. Dengan demikian telah mencapai indikator kinerja yaitu 80%.Kata Kunci: Team Games Tournament (TGT), Kefeektifan Mengajar Guru, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

p_sejarah_uho

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Terbitan awal Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO ...