Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO

HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 7 SIOTAPINA KABUPATEN BUTON PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII

Artianingsih, Artianingsih (Unknown)
Taena, La (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2020

Abstract

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Gambaran hasil belajar, Faktor-faktor ya ng menyebabkan rendahnya hasil belajar dan  Upaya guru dalam mengatasi rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Siotapina. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data terdri dari: 1) Pengamatan, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data terdiri dari: 1) Kredibilitas data, 2) Triangulasi data, 3) Transferadibility data, dan 4) Dependenbility data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terdapat 10 siswa yang nilainya tidak mencukupi KKM, diantaranya 6 siswa dari kelas VIII A dan 4 siswa kelas VIII B, 2) Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 7 Siotapina, antara lain: a) internal yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri. b) faktor eksternal seperti kurangnya perhatian dan pengawasan orang tua, suasana rumah yang ribut, lingkungan sekolah; hubungan/relasi antara guru dan siswa yang kurang, dan hubungan/relasi antara siswa dengan siswa yang tidak harmonis dan masyarakat (lingkungan); 3) Upaya guru dalam mengatasi rendahnya hasil belajar siswa yaitu: memberikan remedial kepada siswa yang tidak tuntas hasil belajarnya, memberikan tugas tentang materi yang belum dituntaskan, memberikan motivasi kepada mereka yang belum tuntas hasil belajarnya, menyuruh siswa-siswi agar banyak membaca buku pelajaran, serta mencoba metode mengajar lain selain metode ceramah, tanya jawab dan diskusi. Kata Kunci: Rendahnya Hasil Belajar, Pelajaran IPS, Upaya Mengatasinya

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

p_sejarah_uho

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Terbitan awal Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO ...