Jurnal Amal Pendidikan
Vol 2, No 1 (2021): Edisi April 2021

Pengembangan Media Microsoft PowerPoint Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring

Ragil Dian Purnama Putri (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)
Andi Prastowo (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Belajar Dari Rumah (BDR) telah mengubah tatanan pendidikan tak terkecuali jenjang sekolah dasar. Pembelajaran yang semestinya disampaikan secara tatap muka harus disampaikan secara daring. Akibatnya pelaksanaan pembelajaran daring tidak maksimal sehingga harus menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang pengembangan media PowerPoint dalam menunjang pembelajaran daring di kelas 3 SD Muhammadiyah Purbayan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan Research and Development (R&D) dari Brach yaitu model Instructional Design dengan pendekatan ADDIE. Cara mengumpulkan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari hasil penelitian terhadap siswa, guru kelas, dan kepala sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran PowerPoint merupakan salah satu upaya dalam mempermudah siswa menerima pelajaran selama pembelajaran daring. Dalam mengaplikasikan Microsoft PowerPoint di SD Muhammadiyah Purbayan melalui empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dessimination (penyebarluasan). Dengan demikian guru dapat mengaplikasikan media pembelajaran Microsoft PowerPoint yang lebih inovatif dan insipiratif dalam pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...