Widya Accarya
Vol 12 No 1 (2021): Widya Accarya

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SD YPPK SANTO YOSEPH 1 BIAK DALAM MEMAHAMI UNSUR-UNSUR CERPEN

Kiki Erisita Payug (Unknown)
Beatus Mendelson Laka (Unknown)
Agus Boy Fatubun (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Abstrak Bahasa adalah salah satu komponen cerita. Sebagian besar cerita bahasa terlalu "berat" untuk anak-anak. Oleh karena itu, materi tentang cerita anak-anak diambil sebagai salah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan di SD YPPK Santo Yoseph 1 Biak terlihat bahwa kemampuan siswa untuk memahami cerita itu baik tetapi unsur intrinsik dari cerita pendek tersebut tidak dengan apa yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kelas VA SD YPPK Saint Yoseph 1 Biak dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Populasi yang digunakan sebagai objek penelitian adalah siswa kelas VA SD YPPK St. Yoseph 1 Biak, yang terdiri dari 23 orang yang terdiri dari 11 wanita dan 12 pria. Teknik pengumpulan data observasi, tes dan penentuan skor. Hasil penelitian ini adalah siswa VA SD YPPK St. Yoseph 1 telah mampu memahami unsur intrinsik cerpen dengan baik dan benar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

widyaaccarya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Widya Accarya, 2085-0018 (Print ISSN), 2722-8339 (Electronic ISSN) is the Journal of Education who published research articles and of theoretical articles in education which published by Faculty of Teacher Training and Pedagogy, Dwijendra University. The journal is published twice a year every April ...