Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)

PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN PAI MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN DI MIN 2 SLEMAN

Ahmad Zainal Abibin (MI Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta)
Rendy Nugraha Frasandy (UIN Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan kurikulum PAI Melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di MIN 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field study) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi dan wacancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Forum MGMP berkontribusi besar dalam pengembangan kurikulum PAI di MIN 2 Sleman diantaranya (1) menghasil produk yang berupa Modul pelajaran PAI yang dalam penyusunanya mempertimbangkan kebutuhan di kelas, (2) menghasilkan produk berupa soal ujian rumpun PAI, hal demikian kaitanya dengan Ujian Tengah Semester (PTS) dan Ujian Kenaikan Kelas (PAT), (3) memecahkan persoalan yang dihadapi guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Bagi guru yang memiliki persoalan di dalam mengajar mereka menyampaikan hal tersebut di forum MGM . Forum MGMP mengkaji persoalan tersebut secara bersama. Apabila tidak ditemukan pemecahan masalahnya, forum MGMP mendatangkan konsultan pendidikan. Selain, untuk menangani permasalahan di lapangan dapat menggunakan penelitian tindakan kelas yang sekiranya relevan untuk menangani persoalan di lapangan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dipublikasikan di lingkup forum MGMP maupun di luar. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah diuji dapat dijadikan pertimbangan dalam merevisi kurikulum PAI di setiap lembaga pendidikan yang bersangkutan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...