Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 3, No 2 (2018): November

Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika Peserta Kajian Praktik Lapangan (KPL) Berbasis Lesson Study Tahun 2018 dalam Membuka Pelajaran Di Sekolah Menegah Atas Malang

Zahro'ul Aini (Universitas Negeri Malang)
Sugiyanto Sugiyanto (Universitas Negeri Malang)
Endang Purwaningsih (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia menuntut guru memiliki kemampuan serta kompetensi yang unggul. Pembelajaran fisika yang baik hanya mungkin dikembangkan oleh guru fisika profesional yang mampu merencanakan, melaksanakan dan merefleksi pembelajaran dengan baik. Membuka pelajaran merupakan salah satu kemampuan profesional yang penting karenanya perlu direncanakan, dilaksanakan, dan direfleksi dengan baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam membuka pelajaran dengan menggunakan pendekatan desktiptif kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Berdasar data dari angket, penilaian produk RPP, video pembelajaran dan lembar refleksi lesson study serta wawancara disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam membuka pelajaran adalah baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...