Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 6, No 1 (2021): Mei

Analisis Hubungan antara Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Pemahaman Konsep pada Materi Osilator Sederhana Mahasiswa Jurusan Fisika

Salma Silfitri (Universitas Negeri Malang)
Muhammad Yusuf (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsepĀ  mahasiswa pada materi osilator harmonik sederhana. Responden dalam penelitian ini berjumlah 35 mahasiswa dengan rincian 19 mahasiswa program studi pendidikan fisika dan 16 mahasiswa program studi fisika murni. Didapatkan hasil koefisien korelasi sebesar (r-hitung > r-tabel) adalah sebesar 0,460 > 0,334 yang berarti terdapat hubungan signifikan dan positif sehingga semakin besar motivasi belajar maka semakin besar pula pemahaman konsepnya. Motivasi belajar terhadap hasil belajar berpengaruh sebesar 21% sementara, 79% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...