RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
Vol. 3 No. 1 (2013)

Pengembangan Alat Peraga Berbasis Contextual Untuk Mengoptimalkan Hands On Peserta Didik Kelas X MAN Purworejo

Mansur Mansur (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Siska Desy Fatmaryanti (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Eko Setyadi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2013

Abstract

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan (R&D) guna mengembangkan alat peraga yang berbasis contextual yang bertujuan untuk mengoptimalkan hands on peserta didik kelas X MAN Purworejo. Subjek uji coba adalah siswa kelas X6 sejumlah 33 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan metode angket. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini diperoleh rerata skor hasil validasi alat peraga oleh validator adalah 3,41. Skor validasi panduan eksperimen oleh validator adalah 3,32. Skor validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) oleh validator 3,32. Sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran dengan sedikit revisi sesuai saran dari validator. Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rerata skor 3,33 atau 91,24% dari dua observer. Skor pengoptimalan hands on pada setiap peserta didik yang diperoleh secara keseluruhan adalah 3,31. Respon pengotimalan hands on diperoleh persentase 53,90%. Respon peserta didik terhadap alat peraga diperoleh persentase 50,14%. Sementara itu ketercapaian hasil belajar eksperimen dengan alat peraga dengan KKM 75 diperoleh persentase 69,70%.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

radiasi

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika (known as Radiasi) is a peer-reviewed journal published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings ...