Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 SMAN 1 Sabbangparu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi sistem ekskresi pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom action research)yang dilakukan berupa proses pengkajian bersiklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1Sabbangparu Kabupaten Wajo dengan subyek penelitian siswa kelas XI IPA1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Tekhnik pengumpulan data aktivitas belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi selama proses belajar mengajar di kelas sementara tekhnik pengumpulan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes akhir setiap siklus. Data hasil observasi siswa selama pelaksanaan tindakan dianalisis secara kualitatif, sedangkan data tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA1 SMAN 1 Sabbangparu.
Copyrights © 2020