ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis
Vol 24 No 1 (2021): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis

DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Tiwi Herninta (Unknown)
Rini Arfiani Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui reaksi dan perubahan harga saham sebelum dan setelah kasus positif Covid-19 pertama diumumkan di Indonesia pada perusahaan sektor industri barang konsumsi berikut sub sektor di dalamnya atas perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode pengamatan dilakukan selama 6 bulan sebelum dan 6 bulan setelah peristiwa. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 52 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan harga saham perusahaan sektor industri barang konsumsi sebelum dan setelah kasus positif Covid-19 pertama diumumkan di Indonesia. Namun jika dilihat ke sub sektornya, tidak semua harga saham di sub sektor yang ada pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia mengalami perbedaan atau perubahan setelah diumumkannya kasus positif Covid-19 di Indonesia. Sub sektor yang mengalami perbedaan atau perubahan harga saham sangat signifikan adalah sub sektor makanan dan minuman, sub sektor rokok, sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga, dan sub sektor peralatan rumah tangga. Sedangkan sub sektor yang tidak mengalami perbedaan atau perubahan signifikan atas harga sahamnya adalah sub sektor farmasi dan sub sektor lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ESENSI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JURNAL ESENSI adalah jurnal berkala yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Manajemen Institut Bisnis Nusantara, dengan tujuan menyebarluaskan informasi tentang perkembangan ilmiah dalam lingkup Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Komunikasi, Komputer, dan Bahasa ...