Prestasi belajar mengajar siswa sekolah dasar rata – rata kurang memuaskan. Hal ini disebabkan kurangnya minat membaca dan menulis dan motivasi belajar terhadap pelajaran Bahasa Indonesia yang merupakan kelompok ilmu sosial, sehingga perlu ditunjang adanya motivasi dan minat baca yang tinggi dari para siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia ini. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat membaca dan menulis permulaan siswa melalui dongeng.. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari siklus – siklus. Tiap – tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahannya yang dicapai, seperti yang telah dibuat dalam faktor – faktor yang diselidiki. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, hasil pembelajaran penguasaan materi Bahasa Indonesia sesudah diadakan perbaikan siklus I adalah siswa yang menguasai materi adalah 17 (60,71 %). Setelah diadakan perbaikan siklus II penguasaan materi Bahasa Indonesia maka siswa yang menguasai materi 19 (67,86 %) dan setelah diadakan perbaikan siklus III penguasaan materi Bahasa Indonesia maka siswa yang menguasai materi adalah 26 (92,86 %) dan siswa yang menguasai materi kurang adalah 2 (7,14%) dari 28 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui dongeng dapat meningkatkan minat dan hasil belajar membaca dan menulis permulaan pada siswa.
Copyrights © 2021