Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021

DIKSI DAN CITRAAN PADA NOVEL ARAH LANGKAH SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS

Mulanto, Ade (Unknown)
Purwanto, Burhan Eko (Unknown)
Sari, Vita Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya pemahaman kata-kata dalam membaca suatu novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) diksi pada novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. (2) Citraan pada Novel Arah Langkah karya Fiersa besari. (3) Mendeskripsikan Implikasi penggunaan diksi dan citraan pada novel Arah Langkah karya Fiersa Besari terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Sumber data yang digunakan adalah buku Arah Langkah karya Fiersa Besari terbitan Media kita tahun 2018. Wujud data yang digunakan adalah penggalan novel yang termuat dalam buku Arah Langkah karya Fiersa Besari yang mengandung diksi dan citraan. Pengumpulan data menggunakan teknik baca, simak, dan catat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pada tahap penyajian digunakan metode formal. Hasil penelitian yang ditemukan pada novel Arah Langah karya Fiersa Besari , yaitu Diksi yang paling banyak digunakan yaitu kata dengan realitas alam, sedangkan citraan yang paling banyak ditemukan yaitu citraan penglihatan. Tema yang terkandung dalam diksi dan citraan dalam novel dominan pada persahabatan, cinta dan petualangan Implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, yaitu hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif unuk bahan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, karena di dalamnya terdapat nilai moral, religius, dan banyak menampilkan budaya Indonesia dari berbagai ras dan suku.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...