Salah satu tugas kepala sekolah adalah tugas manajerial, sehingga sumber daya yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif. Penulisan ini bertujuan mengetahui tahapan untuk mengoptimalkan MGMP internal dan mengetahui dampak positif internal yang dapat meningkatkan pembuatan administrasi guru. Metode penyelesaian masalah yang digunakan dengan tiga tahapan yaitu pendampingan, pemberdayaan dan Supervisi. Hasil penelitian yang didapat antara lain pendampingan yang dipimpin oleh kepala sekolah untuk melakukan diskusi dengan ketua terkait dengan permasalahan administrasi, kedua pemberdayaan merupakan wadah untuk berdiskusi sesama guru mata pelajaran yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali yang dikoordinir oleh ketua MGMP, dan ketiga supervisi dengan melakukan supervisi administrasi terhadap semua guru dengan mengevaluasi administrasi guru dibantu oleh ketua. Simpulan penelitian adalah muncul dampak positif antara lain guru-guru yang sudah mendapatkan pelatihan diluar sekolah semakin mumpuni karena ilmu yang diperoleh dari pelatihan bisa langsing dapat diterapkan, sesama guru baik mata pelajaran serumpun maupun tidak akan bertukar pengalaman sehingga akan saling menutupi kelemahan yang ada dan semua guru berlomba untuk melengkapi administrasinya secara lengkap dan cepat. Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah profesionalitas guru semakin meningkat dan meningkat pula kualitas pendidikan di sekolah.
Copyrights © 2021