Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN MINAT GURU DALAM MENYUSUN INSTRUMEN TES PILIHAN GANDA MELALUI SUPERVISI KLINIS

-, Tarnyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penilaian merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan pembelajaran. Penilaian merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan guru, selain menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran. Bentuk penilaian yang dapat digunakan dalam bentuk instrumen tes, sehingga kemampuan guru perlu ditingkatkan  melalui kegiatan supervisi klinis. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemampuan dan minat guru dalam menyusun instrumen tes pilihan ganda, sehingga evaluasi pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan November 2017 bertempat di SD Negeri Tembongwah 01 Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan dan minat guru dalam menyusun instrumen tes pilihan ganda, yaitu : kemampuan guru dalam menyusun instrumen tes pilihan ganda pada para tindakan rerata nilai hanya 61 menjadi 76 pada siklus I dan 87,5 pada siklus II sedangkan minat guru pada siklus I rerata nilai 77 menjadi 93.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...