Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TEKNIK GROUP INVESTIGATION

Gunawan, Usep (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu adanya hasil belajar peserta didik materi ajar komputer yang masih belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya penerapan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa. Hendaknya seorang guru dapat menguasai dan memilih metode pengajaran yang cocok dengan topik yang akan diajarkan sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan secara maksimal. Penyajian materi pada pembelajaran Komputer akan lebih efektif jika dikemas dengan baik dan dilengkapi dengan metode yang tepat yaitu menggunakan metode pembelajaran kooperatif teknik Group Investigation (GI). Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pelajaran Komputer kelas IX-D SMP Negeri 46 Jakarta Selatan pada topik mengoperasikan Komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas kontrol (pretest) sebesar 3, 12 dan (posttest) sebesar 6, 18 dengan kenaikan sebesar 3, 06. Sedangkan, rata-rata nilai yang diperoleh pada kelas eksperimen (pretest) sebesar 3,1 dan (posttest) sebesar 7,28 dengan kenaikan sebesar 4, 18. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif teknik Group Investigation (GI) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran komputer.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...