Dalam pembelajaran IPS Terpadu merupakan salah satu mata pelajaran hafalan sehingga kurang menarik. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh data yang menunjukkan indikasi rendahnya hasil belajar, di mana persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 18%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu pokok bahasan kegiatan ekonomi Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A MTs Tasywiqul Banat Robayan Kalinyamatan Jepara yang berjumlah 22. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi di setiap akhir siklus dan lembar observasi aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar, pada siklus I nilai rata-rata 74 dengan ketuntasan klasikalnya sebesar 45%. Nilai rata-rata pada siklus II yaitu 80 dengan ketuntasan klasikalnya sebesar 86%. Adapun hasil pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I sebesar 56,6% dan pada siklus II sebesar 75,3%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar Memahami konsep kegiatan ekonomi, produksi, distribusi dan konsumsi.
Copyrights © 2020